Macam-macam Beasiswa Dikti 2016/2017


Mahalnya biaya pendidikan sekarang ini menjadi salah satu alasan seseorang tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Tingkat kemampuan ekonomi yang dimiliki oleh seseorang terkadang membuat orang tersebut berpikir ulang untuk melanjutkan ke bangku kuliah. Orang tersebut sebenarnya menginginkan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, namun dikarenakan biaya yang dirasakan begitu mahal, akhirnya orang-orang seperti ini tidak melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Sangat di sayangkan jika orang-orang yang seperti itu adalah orang-orang cerdas yang berprestasi. orang seperti ini dapat berguna untuk membangun negera Indonesia ke arah yang lebih maju.
Pemerintah bersama lembaga yang menaungi Pendidikan di Indonesia memberikan suatu solusi untuk calon mahasiswa yang memenuhi persyaratan agar mendapat Beasiswa yang nantinya beasiswa tersebut dapat digunakan untuk membiayai pendidikan yang ditempuhnya. Seseorang yang memenuhi persyaratan dapat melanjutlan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dengan bantuan biaya dari Pemerintah, dalah hal ini adalah Beasiswa DIKTI.

DIKTI (Pendidikan Tinggi) adalah suatu Lembaga yang mengatur tentang Dosen, Mahasiswa, Perguruan Tinggi Negeri, Perguruan Tinggi Swasta, Beasiswa, dan hal terkait lainnya.
Mengkuti perkembangan informasi seputar Beasiswa DIKTI adalah penting. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka ketika ada peluang beasiswa, kita dapat langsung mendaftar dengan memenuhi persyaratan pendaftarannya.
Ada beragam beasiswa yang ditawarkan DIKTI seperti beasiswa Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, serta beasiswa pendidikan untuk berbagai kalangan seperti calon mahasiswa, dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, dan lain-lain.
Beberapa beasiswa pendidikan yang akan diberikan kepada calon mahasiswa, mahasiswa, calon dosen, dosen, dan tenaga kependidikan diantaranya :


1. Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi

Bagi anda yang lulusan SMA / MA / SMA / MAK yang merupakan lulusan tahun ini yang memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta, namun anda terkendala masalah ekonomi, maka anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan yang disebut dengan Bidikmisi.

Beasiswa ini diberikan untuk calon mahasiswa yang ingin kuliah di Dalam Negeri. Secara umum, semua Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia menyalurkan dana bantuan Bidikmisi, sedangkan untuk Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia tidak semuanya menyalurkan dana bantuan Bidikmisi.

Pendaftaran Bidikmisi dilakukan secara online, semionline, dan offline (pendaftaran langsung). Pendaftaran Bidikmisi online dilakukan melalui alamat bidikmisi.dikti.go.id. Semua informasi telah dirangkum pada alamat website tersebut. 

2. Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA)

Beasiswa PPA merupakan beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di suatu Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta yang memiliki prestasi atau kemampuan akademik yang unggul yang dibuktikan dengan nilai IPK terakhir saat mendaftar.

Informasi pendaftaran beasiswa PPA dapat anda lihat langsung di websit resmi PTN atau PTS tersebut, atau bisa juga anda langsung menanyakannya ke bagian coperties kampus tersebut.

3. Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM)

Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM) diberikan untuk mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan telah menempuh pendidikan di suatu Perguruan Tinggi, baik Perguruan Tinggi Negeri ataupun Perguruan Tinggi Swasta.

Mahasiswa yang demikian mendapat kesempatan untuk mengusulkan Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM) dengan memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Informasi pendaftaran Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM) dapat anda lihat langsung di website resmi tempat anda kuliah, misalnya anda kuliah di UNSRI, maka anda dapat melihat informasi Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM) di website resmi UNSRI. Selain itu, anda juga dapat menanyakan informasi Beasiswa Belajar Mahasiswa (BBM) dibagian keuangan masing-masing.

4. Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI)

Pemerintah Indonesia melalui DIKTI akan memberikan beasiswa kepada orang-orang yang telah mengharumkan nama Indonesia di level Internasional dengan dibuktikan diperolehnya medali dari Olimpiade Sains Internasional (OSI).

Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa dari suatu Perguruan Tinggi yang pernah mengikuti Olimpiade tersebut dan juga untuk siswa yang akan lanjut kuliah di PTN yang sebelumnya pernah mengikuti Olimpiade Sains Internasional (OSI).

Informasi Beasiswa Olimpiade Sains Internasional (OSI) selengkapnya dapat anda baca langsung di website DIKTI di alamat http://beasiswa.dikti.go.id/

5. Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI)

Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI) diperuntukkan bagi mahasiswa S3 pada pascasarjana penyelenggara BPP-DN untuk menambah wawasan dan pengalaman di level Internasional.

Mahasiswa yang demikian mendapatkan kesempatan untuk mengajukan permohonan Beasiswa Peningkatan Kualitas Publikasi Internasional (PKPI). Informasi pendaftaran lebih lanjut dapat anda baca di http://beasiswa.dikti.go.id/pkpi/

6. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN)

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPP-DN) merupakan beasiswa pendidikan yang diberikan kepada Calon Dosen, Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Kemendikbud yang memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan pendidikan ke Program Pascasarjana, baik Magister ataupun Doktor di Perguruan Tinggi Dalam Negeri.

Calon pendaftar harus dapat memenuhi beberapa persyaratan pendaftaran yang telah ditentukan oleh DIKTI. Informasi lebih lanjut dapat anda baca di http://beasiswa.dikti.go.id/bppdn/

7. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN)

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN) merupakan beasiswa pendidikan yang diberikan kepada Calon Dosen, Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan Kemendikbud yang memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Luar Negeri untuk Program Pascasarjana, baik Magister ataupun Doktor.

Calon pendaftar harus bisa memenuhi persyaratan untuk mendapatkan Beasiswa BPP-LN ini. Informasi lain yang berkaitan dengan BPP-LN dapat anda baca di http://beasiswa.dikti.go.id/bppln/

8. Beasiswa Dosen Unggulan Indonesia (BUDI-DN)

Beasiswa ini merupakan beasiswa yang di berikan kepada dosen tetap di Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta dilingkungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Berikut beberapa persyaratan bagi Pelamar BUDI-DN :
  • Dosen pada perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun swasta di lingkungan Kementerian Ristek dan Dikti yang telah mempunyai NIDN atau NIDK
  • Memenuhi persyaratan Tugas Belajar yang ditetapkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 48 Tahun 2009
  • Beasiswa tidak diberikan kepada pelamar untuk mendapatkan gelar kedua pada strata yang sama
  • Beasiswa diberikan kepada mahasiswa yang memulai perkuliahan pada semester gasal (perkuliahan dimulai pada bulan September)
  • Batas usia penerima beasiswa dalam negei untuk Dosen adalah 45 tahun untuk S2 dan 50 tahun untuk S3 terhitung per tanggal 1 Desember tahun berjalan

Informasi mengenai BUDI-DN dapat anda lihat di http://beasiswa.dikti.go.id/bppdn/index.php/register

9. Beasiswa Dikti Talent Scouting

Beasiswa Dikti Talent Scouting merupakan beasiswa yang diberikan kepada dosen tetap di Perguruan Tinggi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berencana melanjutkan studi S3 ke luar negeri untuk mengikuti Program pelatihan Dosen.

Persyaratan Pendaftaran Program Talent Scouting :
  • Memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN)
  • Usia maksimal 49 tahun.
  • Sudah memiliki gelar Magister (S2) atau yang setara dan belum memiliki gelar doktor (S3).
  • Memiliki kemampuan bahasa Inggris (nilai TOEFL ITP minimal 500 atau IELTS minimal 5,5).
  • Bersedia mengikuti pelatihan selama 1 hari.

Informasi lebih lanjut mengenai Beasiswa Talent Scouting dapat anda lihat di alamat berikut : http://beasiswa.dikti.go.id/talentscouting/ 

Selain informasi beasiswa DIKTI yang telah dijelaskan di atas, masih ada beasiswa lainnya yang dapat anda baca di website resmi DIKTI.

Demikianlah informasi tentang Pendaftaran Beasiswa DIKTI 2016/2017. Semoga informasi tersebut dapat anda untuk mendapatkan Beasiswa DIKTI.

Latest
Previous
Next Post »

7 komentar

Write komentar
Tim Piwer
AUTHOR
10 Mei 2016 02.44 delete

Makasih infonya min

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
10 Mei 2016 08.24 delete

Bermanfaat sekali infonya

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12 Mei 2016 22.22 delete

kalau link untuk melihat siapa sj yang lulus bidik misi ada ga?

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
12 Mei 2016 22.23 delete

kalau link untuk melihat siapa sj yang lulus bidik misi ada ga?

Reply
avatar
Admin
AUTHOR
12 Mei 2016 22.27 delete

ini linknya http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/

Reply
avatar